RSS

Konsep Dasar Mengajar

15 Apr

 

Mengajar Sebagai Proses Menyampaikan Materi Pelajaran

Definisi mengajar (teaching) mengalami perkembangan. Secara deskriptif mengajar diartikan sebagai proses penyebaran informasi atau pengetahuan dari guru pada siswa.

Sebagai proses menyampaikan atau menanamkan ilmu pengetahuan, maka mengajar mempunyai beberapa karakteristik, yaitu :

 Proses pengajaran berorientasi pada guru (teacher centered)

Guru memegang peran penting dalam kegiatan pembelajaran. Sehubungan dengan proses pembelajaran yang berpusat pada guru, maka ada 3 peran utama yang harus dilakukan guru. Yaitu guru sebagai perencana, penyampai informasi dan evaluator. Sebagai perencana, guru perlu menyiapkan berbagai hal yang diperlukan. Sebagai penyampai informasi, guru perlu menggunakan metode yang tepat untuk menyampaikan informasi. Sebagai evaluator, guru menentukan alat evaluasi keberhasilan pengajaran.

Siswa sebagai objek belajar

Sebagai objek belajar, kesempatan siswa untuk mengembangkan kemampuan sesuai dengan minat dan bakatnya, bahkan untuk belajar sesuai dengan gayanya sangat terbatas. Sebab, dalam proses pembelajaran segalanya diatur dan ditentukan oleh guru.

Kegiatan pengajaran terjadi pada tempat dan waktu tertentu

Proses pembelajaran berlangsung pada tempat dan waktu yang telah ditentukan, sehingga proses pembelajaran menjadi sangat formal. Cara mempelajari materi dengan bagian yang terpisah, seakan tidak ada kaitan antara materi satu dengan yang lainnya.

Tujuan utama pengajaran adalah penguasaan materi pelajaran

Keberhasilan suatu proses pengajaran diukur dari sejauh mana siswa dapat menguasai materi pelajaran yang disampaikan guru. Kadang-kadang siswa tak perlu memahami apa gunanya mempelajari bahan tersebut. Karena itu, maka alat evaluasi yang digunakan biasanya adalah tes hasil belajar tertulis yang dilaksanakan secara periodik.Mengajar Sebagai Proses Mengatur Lingkungan

Pandangan ini menganggap mengajar sebagai proses mengatur lingkungan dengan harapan agar siswa belajar. Yang penting dalam mengajar pada pandangan ini adalah proses mengubah perilaku.

Terdapat beberapa karakteristik dari konsep mengajar sebagai proses mengatur lingkungan, yaitu :

Mengajar Berpusat Pada Siswa (student centered)

Siswa mempunyai kesempatan untuk belajar sesuai dengan gayanya sendiri. Guru tak lagi berperan hanya sebagai sumber belajar, akan tetapi sebagai orang yang membimbing dan memfasilitasi agar siswa mau dan mampu belajar. Inilah makna student centered. Siswa ditempatkan sebagai subjek yang belajar sesuai bakat, minat dan kemampuan yang dimilikinya

Siswa sebagai Subjek Belajar

Dalam konsep mengajar sebagai proses mengatur lingkungan, siswa dipandang sebagai organisme yang aktif, yang memiliki potensi untuk berkembang. Mereka adalah individu yang memiliki kemampuan dan potensi.

Proses Pembelajaran Berlangsung di Mana Saja

Sesuai karakteristik pembelajaran yang berorientasi pada siswa, maka proses pembelajaran bisa berlangsung dimana saja. Siswa dapat memanfaatkan berbagai tempat belajar sesuai kebutuhan dan sifat materi pelajaran

Pembelajaran Berorientasi Pada Pencapaian Tujuan

Tujuan pembelajaran adalah proses untuk mengubah tingkah laku siswa sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Sejauh mana materi pelajaran yang dikuasai siswa dapat membentuk pola perilaku siswa itu sendiri.metode yang digunakan guru tidak hanya ceramah, tetapi menggunakan berbagai metode, seperti penugasan, kunjungan ke objek tertentu, dan sebagainya.

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 15, 2012 in Pendidikan

 

Tag: , , , ,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: