RSS

Beberapa Teori Belajar Behavioristik

21 Apr

a.      Teori Belajar Koneksionisme, Tokohnya : Thorndike.

Menurut teori ini : Dasar terjadinya belajar adalah pembentukan asosiasi yang ditangkap oleh pancaindra dengan kecenderungan untuk bertindak atau hubungan antara Stimulus dan Respon (S-R). Dalam teori koneksionisme, Thorndike mengemukakan hukum-hukum belajar :

1)        Hukum kesiapan (law of readliness), hubungan antara stimulus dan respon akan terbentuk manakala ada kesiapan dalam diri individu.

2)        Hukum Latihan (law of exercise), hukum ini menjelaskan kemungkinan kuat dan lemahnya hubungan stimulus dan respon.

3)        Hukum akibat (law of effect), hukum ini menunjuk pada kuat atau lemahnya hubungan stimulus dan respon tergantung pada akibat yang ditimbulkannya.

Di samping hukum-hukum belajar, konsep penting dari teori koneksionisme adalah transfer of training yang menjelaskan bahwa apa yang pernah dipelajari oleh anak sekarang harus dapat digunakan untuk hal lain di masa mendatang.

Percobaan Thorndike

b.  Teori Belajar Classical Conditioning Tokohnya : Pavlov

Pavlov melakukan percobaan terhadap anjing. Dari eksperimen yang dilakukan ditarik kesimpulan, bahwa untuk membentuk tingkah laku tertentu harus dilakukan secara berulang-ulang dengan pengkondisian tertentu.

c.  Operant Conditioning, Tokohnya : Skinner

Skinner berpendapat bahwa untuk membentuk tingkah laku tertentu perlu diurutkan atau dipecah-pecah menjadi komponen yang spesifik. Selanjutnya pada setiap tingkah laku spesifik yang telah direspon diberikan hadiah (reinforcer) agar tingkah laku itu terus diulang, serta memotivasi agar berlanjut pada komponen tingkah laku selanjutnya sampai akhirnya membentuk tingkah laku yang diharapkan.

 

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Posted by pada April 21, 2012 in Pendidikan

 

Tag: , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: