RSS

Keuntungan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

21 Apr

Keuntungan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

1.      Kemudahan komunikasi dan bertukar informasi

Sebagai salah satu wujud teknologi hasil konvergensi (gabungan) antara teknologi informasi dan telekomunikasi, internet menawarkan berbagai kemudahan dalam berkomunikasi. Jika dahulu manusia dihadapkan pada terbatasnya alat komunikasi, dengan internet saat ini persoalan jarak, waktu, alat, dan bentuk informasi tidak lagi menjadi masalah. Internet dapat menghubungkan jutaan manusia di dunia ini. Selain itu, informasi dapat dikirim dan diterima dalam berbagai bentuk seperti suara, gambar, teks, data, maupun kombinasi dari semua itu.

2.      Menjamurnya bisnis berbasis internet

Pada awal tahun 1999 hingga akhir 2000 dunia bisnis pernah mengalami booming datcom yaitu suatu model bisnis baru yang dikembangkan dengan menggunakan interneet sebagai sarana dan media transaksi. Electronic Business (e-Business) dan Electronic Commerce (e-Commerce) menjadi jargon yang masih hidup hingga kini. Bahkan, menjelang pergantian abad millennium diperkirakan internet akan mengubah kondisi ekonomi yang diwarnai dengan aktivitas bisnis berbasis transaksi melalui internet.

 

3.      Mendorong tumbuhnya proses demokrasi

Efek positif dari fasilitas TIK antara lain semua bebas menjadi sumber informasi. Terfasilitasinya kebutuhan akan kebebasan berbicara merupakan syarat dasar demokrasi. Keuntungan adnya TIK dalam proses demokrasi tidak terbatas pada wahana penyamaan saja, melainkan lebih banyak dari itu. TIK membuktikan dirinya memberikan kontribusi besar dalam pemilihan umum. Sejak proses pendaftaran partai politik, pendaftaran calon pemilih, seleksi partai yang layak untuk ikut pemilu, kampanye, pengelolaan organisasi partai politik hingga penentuan partai pemenang pemilu, semua aktifvtas ini menjadi tidak terbayangkan betapa sulitnya jika tidak menggunakan TIK.

4.      Memperkaya kebudayaan

TIK dapat menguntungkan, maupun merugikan atau mengancam kebudayaanIndonesia. Dikatakan mengancam karena dapat menggulung kebudayaan-kebudayaan setempat dalam proses globalisasiyang tak terbendung.akan tetapi, TIK juga dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk membantu kelompok-kelompok yang terancam agar dapat menghadapi arus globalisasi secara positif dan sesuai dengan kemauan mereka sendiri. Selain itu TIK juga dapat dijadikan sarana untuk mengadopsi kebudayaan asing yang bermanfaat dan memperkaya kebudayaan kita. Sebaliknya, kita dapat memperkenalkan kebudayaan kita kepada bangsa lain, sehingga dapat memperkaya khiznah keudayaan mereka.

 

5.      Menciptakan lapangan kerja

Dengan adanya perkembangan TIK memungkinkan dapat terbukanya dua bidang lapangan kerja. Pertama, para pencari pekerjaan dapat menggunakan TIK untuk  mencari peluang kerja di kota atau di daerah terdekat. Kedua,mereka dapat menciptakan lapangan baru yang tercipta karena adanya pemakaian TIK. Keuntungan lain adannya TIK adalah tersedianya layanan online untuk menawarkan kesempatan kerja melalui pertukaran informasi kasempatan kerja secara elektronik dengan kantor ketenaga kerjaan atau instansi penempatan tenaga kerja lainnya.

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Posted by pada April 21, 2012 in Teknologi

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: