RSS

PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

21 Apr

1. TELEGRAF

Peralatan TELEGRAF ditemukan pada tahun 1837. Penemu : SAMUEL MORSE  Telegraf menjadi sistem komunikasi elektris pertama yang membawa pesan rinci dengan jarak jauh. Telegraf menggunakan sandi dan denyut listrik. Kode-kode yang dihasilkan telegraf berbentuk garis dan titik (morse). Alat yang digunakan berupa transmitter dan receiver. Pesan yang dikirimkan disebut telegram.

2. TELEPON

Telepon adalah alat yang dapat mengirim dan menerima pesan suara menggunakan gelombang listrik. Pesawat telepon mempunyai piranti untuk bercakap-cakap. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kini telepon dapat dibawa kemana-mana. Telepon yang lebih canggih dapat mengirimkan dan menerima tulisan, foto, bahkan gambar video. Kerja telepon tergantung pada ketersediaan jaringan kabel dan kawat untuk mengirim sinyal listrik dari pengirim ke penerima. Jaringan telepon selular (handphone) yang menggunakan antena lokal untuk menerima dan mengirim sinyal dalam wilayah sempit disebut sel.

3. FAXIMILE

Faximile (faks) adalah cara pengiriman dan duplikasi dokumen dengan cepat melalui jalur telepon atau gelombang radio. Faximile mirip dengan fotocopy jarak jauh. Cara kerja faximile pengirim dan penerima harus memiliki mesin faximile. Untuk menandai tulisan atau gambar yang akan dikirim mesin fax menggunakan foto sensor (sensor cahaya).

4. TELEVISI

Televisi adalah sistem elektronik yang berfungsi untuk menerima pesan atau sinyal dalam bentuk gambar dan suara (audio-visual). Biasanya sinyal tersebut dipancarkan oleh stasiun televisi. Televisi sebagai salah satu media massa sangat populer dan digemari oleh masyarakat. Dalam perkembangan bangsa televisi sangat berperan dalam berbagai bidang. Televisi mampu mengatasi kendala jarak, baik geografis maupun sosiologis.

 5. RADIO

Radio adalah sistem komunikasi yang menggunakan gelombang elektromagnet sebagai pembawa sinyal berupa pesan, kemudian dipancarkan melalui udara. Dalam proses penyampaian membutuhkan dua sarana yakni alat pemancar dan penerima. Teknik modulasi yang digunakan antara lain : AM, FM dan PM).

6. KOMPUTER DAN INTERNET

Komputer merupakan teknologi informasi yang memiliki peran paling besar dalam proses pengolahan, penyimpanan dan penyajian informasi. Internet digunakan sebagai sarana sumber informasi dan menyajikan informasi yang telah diolah. Internet merupakan singkatan dari interconnected network. Internet menjadikan komunikasi berjalan lebih cepat.

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada April 21, 2012 in Teknologi

 

Tag: , , , , , , , , ,

4 responses to “PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

  1. rara

    Agustus 30, 2012 at 7:41 am

    bagus buat tambahan pelajaran. jadi tambah pinter deh

     
  2. felly

    Agustus 30, 2012 at 7:44 am

    bener ra.,,,yg bikin pasti guru,,,,,,tambah pengetahuan dech !!!@@@

     
  3. surya puspita sari

    September 1, 2012 at 3:28 am

    terimakasih kunjungannya,,semoga bermanfaat :-)

     
  4. tika

    Januari 13, 2013 at 3:15 am

    thank you infonya..

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: