RSS

Obyek-obyek Multimedia (1)

02 Apr

OBYEK-OBYEK MULTIMEDIA (1)

TEKS

Bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan adalah teks. Teks merupakan yang paling dekat dengan kita dan yang paling banyak kita lihat. Teks dapat membentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa kita. Kebutuhan teks bergantung pada kegunaan aplikasi multimedia. Misal, game membutuhkan teks lebih sedikit, sedangkan ensiklopedi membutuhkan teks lebih banyak. Lebih dari itu file teks mempunyai struktur linear sederhana. Meskipun mungkin saja ada multimedia tanpa teks, kebanyakan system multimedia menggunakan teks sebab teks sangat efektif untuk menyampaikan ide serta memberikan panduan kepada pengguna.

Teks adalah bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan. Teks dapat berbentuk kata, surat, narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa kita. Kebutuhan akan teks tergantung pada kegunaan aplikasi multimedia Game, memerlukan teks yang lebih sedikit  Ensiklopedia membutuhkan teks yang banyak. Hampir semua multimedia menggunakan teks karena sangat efektif dalam menyampaikan ide dan memberikan panduan kepada pengguna. Teks : teks cetak, teks hasil scan, teks elektronik, hypertext

1.      Teks Cetak

Teks tercetak berada diatas kertas, dan jika menggunakan multimedia, maka harus mengetik teks tersebut. Tetapi akan memakan waktu dan membuang tenaga. Cara yang lebih cepat mungkin menggunakan scan untuk mescan teks tersebut

  1. 2.        Teks Hasil Scan

Prinsipnya ada 3 jenis scanner :

  • Flatbed, lebih mahal karena menggunakan motor dan pulley yang menggerakan scanner diatas kertas.
  • Handheld (scanner tangan), lebih murah karena kita yang menggerakkan scan secara manual diatas permukaan kertas
  • Sheet-fed, memiliki slot untuk memasukkan halaman tulisan yang akan di scan.

Contohnya : web sentraponsel, menggunakan icon hasil scan

  1. 3.        Teks Elektronis

Teks yang ditulis dengan format yang bisa dibaca oleh mesin, contohnya wordprocessing. Teks ini dapat dibaca oleh komputer dan dikirimkan secara elektronis melalui jaringan

A.     Plain Text (Unformatted Text)

  • Teks adalah data dalam bentuk karakter.
  • Teks dalam hal ini adalah kode ASCII (American Standard Code for Information Interchange) dan ASCII extension seperti UNICODE murni. Tiap-tiap karakter direpresentasikan oleh 7 bit “binary digit” (desimal = 0-127).

Contoh plain text adalah pada saat kita mengetik dengan menggunakan notepad (.txt).

  • Plain Text berjenis MIME text/plain.
  • Teks file tidak terenkrispsi, tidak mengandung embedded information, seperti informasi font, tidak mengandung link, dan inline-image.
  • Terdapat perbedaan antara format plain text di Windows dan UNIX. Di Windows, akhir baris ditandai dengan Carriage Return/CR + Line Feed/LF (\13\10) sedangkan di UNIX ditandai dengan Line Feed/LF (\10) saja.

ASCII

 ASCII berdasarkan English Alphabet. Dipublikasikan pada tahun 1967 dan diupdate tahun 1986. Terdiri dari 95 (32-space, 33-126) karakter yang printable dan 32 (0-31) karakter non-printable/control character.

  1. B.      Formatted Text (Rich Text Format)
  • Serangkaian karakter format yang telah didefinisikan. Contoh rich text adalah pada saat kita mengetik dengan menggunakan Wordpad (.rtf).
  • Pada Wordpad plain teks telah diformat sedemikian rupa dengan menggunakan aturan (tag/tanda) tertentu sehingga teks tersebut dapat dibold, italics, underline, diwarna, diganti font, dan lain-lain.

4.  Hypertext

  • Diperkenalkan oleh Ted Nelson (1965)
  • Hypertext adalah teks yang memiliki fasilitas linking.

Contoh hypertext :

HTML : Hypertext Markup Language

XML : eXtensible Markup Language

Hypertext merupakan dasar untuk produksi multimedia virtual, mengacu pada teks yang telah masuk link. Hyper, mengacu pada proses linking yang membuat multimedia menjadi interaktif

Contoh : web http://www.yahoo.com

Jika kita klik “personalize” yang terletak di pojok kiri atas, akan muncul (link) “personalize”. Jika kita klik “full winner list” yang terletak di pojok kiri bawah, akan muncul (link) “full winner list”

  1. A.     HTML

Merupakan standard bahasa yang digunakan untuk menampilkan document web. Yang bisa kita lakukan dengan HTML yaitu:

  • Mengontrol tampilan dari web page dan contentnya.
  • Mempublikasikan document secara online sehingga bisa di akses dari seluruh dunia.
  • Membuat online form yang bisa di gunakan untuk menangani pendaftaran, transaksi secara online.
  • Menambahkan object-object seperti image, audio, video dan juga java applet dalam document HTML.
  • Mendukung link (sebuah hubungan dari satu dokumen ke dokumen lain) antar dokumen. Link pada umunya berwarna biru, dan jika sudah pernah diklik berwarna ungu.
  1. B.      XML

Keunggulan dan keuntungan dari XML adalah:

  • Simple, karena XML tidak serumit HTML, strukturnya jelas, dan sederhana.
  • Intelligence, karena XML mampu menangani berbagai komplesitas markup bertingkat-tingkat.
  • Portable, karena memisahkan data dan presentasi
  • Fast, pencarian data cepat
  • Extensible, dapat ditukar/digabung dengan dokumen XML lain.
  • Linking, XML dapat melakukan linking yang lebih baik daripada HTML, bahkan dapat melink satu atau lebih poin dari dalam maupun luar data.
  • Maintenance, XML mudah untuk diatur dan dipelihara, karena hanya berupa data, stylesheet dan link terpisah dari XML.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 2, 2012 in Teknologi

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: