RSS

Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi

21 Apr

PERAN TEKNOLOGI

INFORMASI DAN KOMUNIKASI

 Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. Teknologi Informasi dan Komunikasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai sektor kehidupan yang memberikan andil besar yang memberikan perubahan-perubahan yang mendasar pada sektor operasi dan manajemen dalam bidang ekonomi, pendidikan, pemerintahan, sosial, kesehatan, dan lain-lainnya. Oleh karena itu, sangatlah penting diadakan peningkatan kemampuan sumber daya manusia dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, mulai dari keterampilan dan pengetahuan, perencanaan, pengoperasian, perawatan, pengawasan, dan lain-lain. Dengan demikian, diharapkan nanti akan dihasilkan output yang sangat bermanfaat, baik bagi manusia sebagai individu itu sendiri maupun bagi semua sektor kehidupan.

1.           Peran TIK dalam Bidang Ekonomi

  • Electronic Commerce (E-commerce)

 

E-commerce adalah perdagangan dengan menggunakan fasilitas jaringan komunikasi internet. Jadi penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi tanpa perlu bertemu secara langsung. Proses transaksi dapat mereka lakukan melalui jaringan internet. Adapun pembayaran barang tersebut dapat menggunakjan kartu kredit si pembeli atau melalui proses transfer uang.

  • Anjungan Tunai Mandiri (ATM)

ATM adalah layanan perbankan yang dilakukan menggunakan mesin yang telah diprogram oleh bank. Nasabah hanya menggunakan kartu ATM dan memasukkan PIN yang harus dijaga kerahasiaannya. Nasabah juga dapat melakukan transaksi yang diinginkan, misalnya penarikan uang, trsansfer uang, pembayaran tagihan (telepon, listrik, PDAM, dan lain-lain) dan pengecekan saldo.

  • SMS Banking

 

Selain melalui ATM dan internet banking, layanan transaksi perbankan juga dapat dilakukan melalui SMS yang biasa disebut SMS banking. Melalui SMS banking, nasabah dapat melakukan transaksi berupa transfer uang, pembayaran tagihan atau pengecekan saldo.

 

2.           Peran TIK dalam Bidang Pendidikan

  • Perpustakaan Online (Digital Library)

 

Perpustakaan online atau lebih dikenal dengan istilah digital library adalah sebuah jarinagn kerja di internet yang menyediakan informasi dan bahan pustaka dalam bentuk data elektronik. Dalam digital library ini tersimpan informasi, dokumen, audio visual, dan materi grafis yang tercipta dalam berbagai jenis media sehingga dapat diakses melalui internet.

  • Buku Sekolah Elektronik (E-book)

 

E-book merupakan suatu media digital yang mempunyai kemiripan dengan buku cetak konvensional. Sebuah buku elektronik isinya berupa teks elektronik. Untuk membaca buku ini tentu saja diperlukan alat bantu  yaitu komputer.

  • Kelas Online (E-learning)

 

Kelas online yang biasa disebut e-learning adalah sekumpulan metoda pengajaran di mana aktivitas pengajaran dilaksanakan secara terpisah dari aktivitas belajar. Pada sistem pendidikan ini tenaga pengajar dan peserta didik tidak harus berada dalamlingkungan geografis yang sama.

3.           Peran TIK dalam Bidang Pemerintahan

  • Electronic Government (E-government)

 

E-government adalah suatu bentuk sistem baru yang mampu membantu pemerintah dalam hal transparansi informasi serta layanan masyarakatsecara online. Untuk menerapkan E-government, suatu institusi pemerintah dapat membuat sebuah situs (website) yang berisi informasi lengkap dan akurat mengenain institusi mereka.

 

  • Hasil Pemilihan Umum

 

Yang dimaksud di sini adalah siapa saja yang menjadi pemenang dalam pemilihan umum. Jadi masyarakat Indonesia dapat mengaksesnya dengan cepat.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 21, 2012 in Teknologi

 

Tag: , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: