RSS

Mencegah Mencontek Saat Ujian

23 Apr

Akhir-akhir ini kita dipusingkan dengan masalah mencontek di kalangan pelajar. Masalah ini seperti sudah membudaya dan sulit dihilangkan. Sebagai guru dan sebagai masyarakat kayaknya kita perlu mencari cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah tindakan mencontek.

Berikut ini saya tampilkan sebuah artikel yang saya baca dari Republika.co.id tentang sedikit cara yang dilakukan di Negara Cina untuk mencegah mencontek.

WUHAN, (PRLM).- Ini perlu ditiru untuk pelaksanaan ujian nasional. Satu sekolah di Wuhan, Hubei, China melakukan ujian di lapangan terbuka untuk mencegah mencontek massal. Pengawas duduk di ketinggian dan beberapa lainnya menyebar di lapangan, di mana para siswa duduk berjauhan.

Seorang guru dari sekolah menengah pertama Sihuang menuturkan, sudah menjadi wabah kegiatan mencontek di antara siswa secara terorganisasi. Salah satu cara memutus rantai kebiasan negatif itu adalah mengadakan ujian dengan lokasi duduk antarsiswa berjauhan. Konsekuensinya harus dilakukan di luar kelas, sehingga lapangan bermain menjadi pilihan.

“Di lapangan lebih banyak ruang, sehingga para siswa kami tidak bisa menjangkau lembar jawaban siswa lainnya dan juga tidak bisa berbisik saling menanyakan jawaban,” tuturnya. (orange/A-88)***

Cara ini bisa dilakukan apabila sebuah sekolah memiliki sebuah area lapangan yang luas.

Tapi harus diperhatikan juga keadaan cuaca, kalau tiba-tiba turun hujan saat sedang dilaksanakan ujian, repot juga ya,,hehe..😉

Tapi ada lagi alternatifnya dengan melaksanakan ujian di dalam ruangan tapi setiap siswa diberikan kertas penutup. Seperti pada gambar berikut ini :

Menurut saya berbagai tindakan pencegahan lebih ditekankan pada kondisi mental tiap individu.

Bahwa mencontek merupakan awal dari budaya tidak sehat.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 23, 2012 in Pendidikan

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: