RSS

Manfaat Kelompok Dalam Organisasi

28 Apr

A.    Manfaat Kelompok Dalam Organisasi

Terdapat beberapa alasan mengapa kelompok digunakan dalam kegiatan organisasi :

  1. Kelompok sering digunakan apabila usaha atau kegiatan perorangan tidak mencapai hasil yang memuaskan. Kelompok diperlukan dalam upaya mewujudkan efisiensi dan efektivitas kerja melalui kerjasama.
  2. Kelompok digunakan untuk memunculkan atau mengembangkan gagasan. Dalam kelompok, orang-orang tidak hanya dapat mengumpulkan gagasan melainkan pula mengalami proses memunculkan dan menyusun gagasan.
  3. Kelompok digunakan untuk menumbuhkan saling belajar melalui saling tukar pengalaman, pendapat, informasi, persepsi dan keyakinan antar anggota kelompok. Oleh karena itu kelompok dimanfaatkan dalam organisasi untuk membantu orang-orang yang terlibat dalam organisasi mengatai kekhawatiran, ketidakberhasilan, dan keengganan bekerjasama antar anggota. Kelompok dapat menggunakan potensi pemikiran para anggota, mempertimbangkan keyakinan yang telah mereka miliki dan dapat mengembangkan sikap positif diantara para anggota. Kelompok lebih berguna dalam meningkatkan kemampuan pembelajaran ranah afeksi.
  4. Kelompok digunakan untuk meningkatkan partisipasi dan memperluas rasa pemilikan bersama para peserta terhadap organisasi, termasuk visi, misi tujuan dan program-programnya. Penerimaan lebih baik oleh anggota terhadap hasil kegiatan kelompok terjadi apabila para anggota berpartisipasi atau terlibat secara aktif dalam proses diskusi dan / atau berbagai kegiatan kelompok. Kelompok dapat menumbuhkan partisipasi para anggota untuk mengembangkan rasa memiliki terhadap kegiatan dan hasil kerja kelompok dalam organisasi.

Dewasa ini kegiatan kelompok dilakukan oleh berbagai organisasi. Kegiatan inipun banyak diminati oleh pelatuh dalam proses pembelajaran pada berbagai program pelatihan. Pengalaman menunjukan bahwa strategi pembelajaran dinamika kelompok memberikan pengaruh positif pada proses, hasil dan dampak pembelajaran dalam pelatihan. Namun, sebagaimana strategi ini dapat membantu pelatih dalam pembelajaran lainnya, strategi ini dapat membantu pelatih dalam pembelajaran apabila pelatih menguasai teori-teori, prinsip-prinsip dan operasionalisasi strategi pembelajaran dinamika kelompok. Pelatih yang memahami strategi pembelajaran ini dan mampu menerapkan akan dapat menumbuhkan suasana pembelajaranyang menyenangkan, gembira, percaya diri, dialogis dan kreatif pada diri peserta pelatihan.

 

B.     Penggunaan Strategi Pembelajaran Dinamika Kelompok Dalam Pelatihan

Sejak berabad-abad lamanya manusia telah berkumpul dalam kelompok dengan berbagai kegiatan dan bermacam ragam tujuan. Kelompok dapat diklasifikasi ke dalam beberapa jenis. Jenis-senis kelompok mencakup serikat kerja, dewan, perkumpulan, komunal, jamaah, majelis, pasukan, tim, perusahaan dan lain sebagainya.

Pada masyarakat modern yaitu masyarakat industri dan masyarakat informasi, kelompok digunakan juga dalam dunia pendidikan, khususnya pelatihan. Kelompok belajar, kelompok kerja dan lain sebagainya merupakan beberapa contoh tentang penggunaan kelompok dalam pendidikan yang mencakup kegiatan pembelajaran, bimbingan dan pelatihan. Kelompok dan penggunaannya dalam pendidikan dan pelatihan telah menjadi kajian intensif para ahli pendidikan, psikologi, dan sosiologi sejak tahun enampuluhan. Kajian tentang kelompok dalam pelatihan dapat dipandang dari berbagai segi. Salah satu kajian teoritis tentang kelompok adalah Strategi Dinamika Kelompok. Kajian ini datang dari studi mengenai komunikasi antar manusia.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 28, 2012 in Pendidikan

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: