RSS

Solusi dalam Mengatasi Dampak Negatif TIK dalam Pendidikan

02 Nov

Solusi dalam Mengatasi Dampak Negatif TIK dalam Pendidikan

Agar penggunaan TIK dalam pendidikan lebih optimal dan dijalankan dengan baik dan benar, berikut beberapa metoda pemecahan masalah dalam menanggulangi dampak negative TIK dalam pendidikan.

  1. Mempertimbangkan pemakaian TIK dalam pendidikan, khusunya untuk anak di bawah umur yang masih harus dalam pengawasan ketika sedang meakukan pembelajaran dengan TIK. Analisis untung riginya pemakaian.
  2. Tidak menjadikan TIK sebagai media atau sarana satu-satunya dalam pembelajaran, misalnya kita tidak hanya mendownload e-book, tetapi masih tetap membeli buku-buku cetak, tidak hanya berkunjung ke digital library, namun juga masih berkunjung ke perpustakaan.
  3. Pihak-pihak pengajar baik orang tua maupun guru, memberikan pengajaran-pengajaran etika ber-TIK agar TIK dapat dipergunakan secara optimal tanpa menghilangkan etika.
  4. Pemerintah sebagai pengendali sistem-sistem informasi seharusnya lebih peka dan menyaring apa-apa saja yang dapat di akses oleh para pelajar dan seluruh rakyat Indonesia di dunia maya.
  5. Jadi, solusinya adalah bagaimana kita memanfaatkan perkembangan teknologi secara bijak tanpa harus bersikap antipati terhadap perkembangan teknologi, namun juga tidak berlebihan dalam penggunaanya.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 2, 2012 in Pendidikan

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: